Review Yamaha X-Ride

Kali ini kita akan membahas salah satu produk keluaran pabrikan Yamaha yang diusung dengan nama Yamaha X-Ride. Seperti apa penampilan dan kinerjanya? Yuk kita langsung intip ulasannya dibawah ini.

Untuk masalah desain, Yamaha X-Ride dirancang dengan bentuk rancangan desain yang super ekstrim. Dimana rancangan dari kendaraan ini mendapat konsep Multi Layer ditambah dengan tampilan aerodinamis grille yang membuat motor yang satu ini terlihat mempunyai karakter. Adanya lekukan dengan struktur patah-patah serta tajam dan tegas membuat motor ini tampil dengan kesan garang dibanding dengan motor matic lainnya.

Review Yamaha X-Ride

Headlamp yang berbentuk bulat dengan dikelilingi lekukan tegas dibodi depan membuat X-Ride memancarkan kesan sporty yang keren. Lekukan tegas pada bodo samping X-Ride seakan memberitahu jika kendaraan yang kita gunakan tersebut berkesan sporty dan ekstrim. Dan dengan jok anti slip yang diusung X-Ride seakan memberitahu kita betapa nyamannya mengendarai Yamaha X-Ride ini.

Bagaimana penampilan speedometer X-Ride ini? Cukup menarik jika melihat rancangan sederhananya walau tidak meninggalkan kesan sportynya. Panel-panel yang ada cukup minimalis dimana itu dibagi dari 3 bagian yaitu :

Bagian kiri untuk tampilan indikator lampu dim/lampu tembak, indikator lampu sein kanan kiri serta pengingat akan kapasitas oli. Bagian tengah yang menampilkan panel analog dimana ada informasi akan kecepatan (km/jam) kita saat mengendarai Yamaha X-Ride ini. Bagian kanan untuk menampilkan indikator bahan bakar. Yamaha memang merancang penampilan speedometer yang minimalis tapi mereka tetap ingin rancangannya bisa menampilkan informasi yang informatif untuk sang pengendaranya.

Dengan dibekali rangka kokoh Steel Underbone atau Pipa Baja Tulang Bawah, Yamaha X-Ride diharapkan bisa memberi rasa aman untuk pengendaranya. Hanya saja Yamaha mengklaim jika X-Ride akan tetap ringan walaupun menggunakan jenis rangka tersebut.

Sebenarnya berapa dimensi Yamaha X-Ride ini? 1880 mm x 745 mm x 1085 mm dengan jarak sumbu roda 1.275 mm dan dengan berat 98 kg. Lumayan. Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil juga. Dengan bodi yang ringan serta rangka kuat menjadi Yamaha X-Ride mudah digunakan dalam hal manuver dijalan.

Untuk masalah suspensi, dibagian depan Yamaha X-Ride ini akan dibekali dengan suspensi Teleskopik dan suspensi Unit Swing/Tunggal pada bagian belakang. Yamaha percaya dengan memberikan suspensi seperti itu, akan memberikan Yamaha X-Ride daya redam yang maksimal walaupun saat dijalankan dijalan yang penuh lubang.

Untuk masalah mesin yang diusung pada Yamaha X-Ride ini menggunakan tipe mesin 4 langkah 2 katup yang memiliki teknologi SOHC Silinder Tunggal. Mesin ini dipercaya akan memberikan kapasitas kubikasi sampai dengan 113.7 cc dengan sistem pendinginan berupa kipas. Kemudian mesin tersebut dipadukan dengan sistem transmisi dengan tipe V-Belt yang bekerja secara otomatis.

Yamaha X-Ride juga diberikan sistem pengapian berjenis TCI (Transistor Control Ignition) yang akan memberikan tenaga listrik lebih banyak dan pastinya lebih teratur. Sehingga kita akan mendapatkan kinerja Yamaha X-Ride ini menjadi stabil dan performa yang lebih lincah.