Mengenal Teknologi EXUP Pada Motor Yamaha

Motor keluaran Yamaha sudah dikenal memiliki banyak fitur canggih dan teknologi terkini. Salah satu teknologi motor Yamaha yang sudah banyak diterapkan pada motor Yamaha seperti teknologi EXUP atau Exhaust Ultimate Powerslave.

Teknologi EXUP adalah bekerja dengan┬ámengubah tuning knalpot saat RPM meningkat. Banyak mesin 4-tak disetel memiliki titik datar di mid-range, tepatnya di mana pengendara olahraga membutuhkan respons throttle sesaat. Titik datar ini disebabkan oleh gelombang tekanan resonansi positif yang memaksa gas buang bekas keluar masuk ke ruang bakar selama periode katup “tumpang tindih” (ketika katup intake dan exhaust terbuka). Gas buang ini mencairkan campuran asupan masuk, menurunkan kinerja dan menyebabkan titik datar atau rawa. Ini biasanya terjadi pada kisaran mid-RPM.

Pada putaran mesin lainnya, gelombang tekanan positif tiba saat katup buang tertutup dan karena itu tidak bisa mencairkan campuran asupan.

Sistem EXUP dilengkapi katup kupu-kupu yang dikendalikan komputer yang terletak di sistem pembuangan untuk mengatur tekanan gas buang. Sistem EXUP mengatur aliran gelombang tekanan positif dan negatif dalam sistem untuk meningkatkan pembilasan silinder pada semua putaran mesin.

Katup berbentuk baji terletak di ujung hilir dari 4 pipa header dimana mereka memasuki kolektor knalpot. Katup dioperasikan oleh servomotor dan diatur oleh komputer pengapian. Sensitif terhadap kecepatan mesin, katup EXUP hampir seluruhnya tertutup pada RPM rendah dan secara bertahap terbuka untuk mengizinkan aliran gas yang tidak dibatasi pada RPM tinggi.

Perbaikan termasuk keleluasaan yang lebih halus dan lebih tenang, lebih banyak kekuatan pada semua RPM, peningkatan torsi low-range dan mid-range yang signifikan, dan jarak tempuh gas yang lebih tinggi.

Dengan secara bertahap membuka katup sebagai peningkatan revs, gelombang positif di mid-range dieliminasi, namun sistem pembuangan bisa “bernafas” sepenuhnya pada putaran tinggi untuk daya maksimum.